MASIGNALPHA101
6536304137350128937

Arti Dari Page Authority dan Domain Authority

Arti Dari Page Authority dan Domain Authority
10/27/2018

Baca Juga

moz open site explorer
Sejak Yahoo Site Explorer ditutup pada tahun 2011, internet marketer telah mencari alat untuk analisis backlink yang mereka temukan di Moz Open Site Explorer. Kita sudah melihat bagaimana tren sudah memilah lebih ke arah Moz Domain Authority dari Google PageRank. Memang, sebagian besar ahli  SEO sekarang juga melaporkan statistik dari Open Site Explorer (OSE), seperti otoritas domain, Page Authority dll. Jadi, mengapa Anda harus mulai menggunakan OSE jika Anda belum menggunakannya? Mari kita lihat lebih dekat.

Salah satu acuan Google saat ini adalah kualitas dari Domain Authority dan Page Authority (selanjutnya disebut DA dan PA). Tapi apakah DA dan PA ini?

Apa itu Domain Authority (DA)?

Domain Authority atau Otoritas Domain adalah acuan untuk melihat ukuran kekuatan dari sebuah nama domain. Jika Anda menggunakan blog misalnya Blogspot atau Wordpres maka DA-nya adalah Blogspot.com atau Wordpress.com.

Contohnya Agus Jenro - ini alamat URL-nya adalah agus-jenro.blogspot.com itu artinya domain URL dari alamat blog ini adalah blogspot.com. Jika di cek DA-nya akan sangat tinggi, karena mengacu kepada blogspot.com.

Karena nilai DA yang tinggi sangat baik untuk mesin pencari, maka setiap pemilik situs berlomba-lomba meningkatkan nilai DA. Tidak seperti page rank yang punya rance nilai 1 sampai 10 (besar ke kecil), melihat DA dari 1 ke 100 dengan nilai paling tinggi adalah 100.

Jadi, ketika Anda masih menggunakan Blogspot atau Wordpres, nilai DA-nya masih akan tinggi. Lain halnya jika Anda melakukan perubahan ke Top Level Domain semisal dotcom. Walau Anda tetap menggunakan hosting di Blogspot, tetap nilai DA akan berkurang.

Ada tiga hal utama yang menjadi acuan untuk menyimpulkan nilai DA, yakni usia, popularitas dan ukuran domain (jumlah postingan). Dengan memiliki tiga faktor tersebut, situs Anda akan mudah mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Ini dikarenakan, mesin pencari seperti Google ingin memberikan pengguna dengan hasil website yang bisa dipercaya. Itu artinya, sebagai blogger pemula, konsistensi harus dipelihara dan memang ini bukan pekerjaan mudah. 


Cara Untuk Meningkatkan Domain Authority?

Seperti yang dikatakan di atas, ada tiga faktor penentu tingginya DA sebuah situs. Ketiga hal itulah yang menjadi kunci utama untuk meningkatkan nilai DA. Lalu apa yang harus dilakukan, berikut penjelasannya:

Usia Domain

Karena usia domain menjadi penentu pertama, itu artinya Anda harus sudah punya domain jauh lebih lama. Jika Anda menggunakan top level domain, maka harus bersabar untuk waktu yang lama agar nilai DA-nya tinggi. Namun jika Anda menggunakan blogspot, worpress, blogdetik dan lainnya, maka DA-nya tak bisa dinaikkan lagi.

Popularitas Domain

Ada banyak indikator untuk menyimpulkan satu situs memiliki popularitas yang tinggi. Namun salah satu tolak ukur yang banyak digunakan adalah dari banyaknya link yang masuk ke situs Anda dengan catatan backlink tersebut berkualitas. Jadi untuk meningkatkan DA, carilah sebanyak-banyak backlink berkualitas dan jangan melakukan spam.

Ukuran atau Jumlah Postingan

Untuk mengukur sebuah situs hal pertama yang diperhatikan adalah jumlah postingan yang dimiliki. Jumlah disini bukan hanya soal nilai tapi manfaat dari postingan tersebut. Semakin banyak postingan yang dimiliki dan bermanfaat buat pembaca, itu artinya semakin banyak pula link yang diciptakan, dan Google sangat menyukai situs yang demikian.


Apa itu Page Authority (PA)?

Page Authority atau Otoritas Halaman adalah penggambaran untuk ranking sebuah situs atau blog dilihat dari page atau halamannya. PA juga merupakan istilah SEO yang peranannya jauh lebih penting dari DA. Karena PA tidak terlepas dari keunggulan menggunakan teknik SEO masing-masing pemilik situs atau blog.

Penilaian sebuah PA sama dengan DA yakni menggunakan skala 1 sampai 100 dengan nilai tertinggi adalah 100. Sebuah situs atau blog dengan nilai PA tinggi memiliki peluang lebih besar untuk muncul sebagai pemenang di mesin pencari.

Sebagai contoh adalah Wikipedia. Karena jumlah halaman yang sangat banyak di Wikipedia, hampir setiap saat melakukan pencarian akan muncul. Dan tahukah Anda, berapa nilai PA Wikipedia, nilainya 96 dengan nilai DA 100. Tidak heran kalau Wikipedia selalu saja muncul di mesin pencari.

Cara Untuk Meningkatkan Page Authority?

Algoritma mesin pencari setiap saat selalu mengalami perubahan. Namun Google tidak pernah merahasiakan bagaimana mesin pencarinya melaksanakan tugas mencari situs. Walau tidak menjelaskan secara rinci, namun value sebuah halaman situs menjadi titik penentu.

Olehnya itu, untuk meningkatkan otoritas sebuah halaman situs, ada beberapa faktor yang dianggap mempengaruhi peringkat tersebut, antara lain:

Situs Berisi Konten Asli
Selama bertahun-tahun, Google telah berusaha untuk menyingkirkan situs yang kurang user-friendly. Pekerjaan berat ini telah membuat Google terus meningkatkan peringkat situs dengan konten yang segar dan dapat diterapkan untuk browser.

Olehnya, Google sangat menyangi situs yang berisi konten asli dengan kata kunci yang relevan. Dengan begitu, mau tidak mau, situs Anda akan kebanjiran pengunjung karena peringkat dimata search engine juga bertambah.

Tapi hal yang apa yang harus dilakukan agar sebuah situs dikatakan memiliki konten asli. Banyak yang mengatakan bahwa konten adalah raja. Walau tidak sepenuhnya benar, namun search engine sekarang memang cenderung memberikan peringkat situs yang lebih tinggi dengan konten yang memiliki kriteria sebagai berikut :
  • Konten berisi informasi baru dan menarik
  • Situs atau blog yang sering diperbarui
  • Kata kunci yang rinci, relevan dan bermanfaat, serta
  • Berkualitas dan menyenangkan untuk dibaca.
Memiliki Backlink Berkualitas
Memiliki banyak backlink yang berkualitas memang bukan perkara mudah. Namun jika situs Anda berisi informasi yang besar dan asli, dengan sendirinya halaman Anda akan menarik banyak peselancar dunia maya berkunjung. Dengan begitu kemungkinan besar untuk mendapatkan link balik akan datang.

Banyak orang-orang akan menjadikan blog atau situs Anda sebagai refensi jika mempunyai konten yang asli. Dengan begitu, kemungkinan besar mereka akan melakukan link balik ke halaman yang dituju. Jika ini berhasil, maka lalu lintas situs Anda juga akan meningkat.

Selain link dari situs lain, hal yang tak kalah pentingnya pula ada internal link. Usahakan setiap membuat postingan, ada dua atau tiga link yang dibuat untuk postingan lain di blog Anda. Hal ini sekaligus membuat pengunjung berlama-lama di blog Anda.

Gambar dan Video
Teks bukanlah satu-satunya faktor penting dalam SEO. Dengan kemampuan mesin pencari yang semakin baik, gambar, grafik dan video juga tak kalah pentingnya dalam sebuah postingan.

Olehnya itu, ada baiknya setiap kali membuat postingan untuk menyertakan gambar atau grafis yang telah dioptimasi dengan SEO. Caranya dengan menyertakan teks ALT deskriptif sehingga gambar ini dapat ditemukan di search engine.

Jika Anda punya kemampuan lebih membuat video, alangkah lebih baiknya lagi. Ini karena untuk membuat video belum bisa dilakukan oleh banyak orang, sehingga daya saing untuk mendapat perhatian mesin pencari masih kecil. Video yang Anda buat bisa dipasang di Youtube dan menautkannya dengan postingan Anda.

Lalu, Bagaimana Cara Cek DA dan PA?

Setelah mengetahui apa itu DA dan PA serta cara meningkatkan nilanya, hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengeceknya. Ada banyak cara untuk cek Domain Authority dan Page Authority secara online. Salah satu nya adalah DISINI

Open Site Explorer

Open Site Explorer (OSE) adalah mesin pencari yang melakukan crawling, indexing, dan melacak backlink ke setiap website. Ini memiliki triliunan URL dalam index dan setiap update bertujuan tidak hanya meningkatkan kecepatan dan efisiensi algoritma tetapi juga untuk mempertahankan kualitas backlink yang lebih tinggi dalam indeks sementara pada saat yang sama menghilangkan link berkualitas rendah. Sehingga indeks dapat disimpan, dikelola, serta berharga pada waktu yang sama.

OSE dapat digunakan untuk mengevaluasi data backlink untuk hingga empat situs pada saat yang sama. Untuk setiap situs tunggal, Anda dapat memeriksa metrik berikut.
  • Domain Authority
  • Page Authority
  • Linking Root Domains
  • Total Links
  • Facebook Shares
  • Facebook Likes
  • Tweets
  • +1s
(Catatan: Anda dapat memeriksa metrik link secara gratis di OSE tapi untuk metrik sosial Anda harus menjadi anggota Moz)

Satu hal yang saya suka tentang OSE adalah bahwa untuk setiap backlink Anda bisa melihat lokasi yang tepat dari link tersebut, serta judul dan anchor teks link tersebut. Hal ini juga akan memberitahu Anda ketika backlink adalah sebuah link nofollow. Dengan begitu, Anda dapat melihat di mana link Anda berasal, di mana untuk mendapatkan link yang rusak atau link tanpa anchor teks yang benar, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat melihat otoritas halaman dan otoritas domain untuk setiap link yang masuk ke situs Anda sehingga Anda dapat menganalisis tren dan tingkat backlink yan paling penting.

Page Authority vs Domain Authority
Page Authority dan Domain Authority adalah dua metrik terpenting yang dilaporkan oleh Open Site Explorer. Keduanya diukur pada skala logaritmik dari 0-100 yang berarti bahwa akan lebih mudah untuk pergi dari 10 sampai 20 daripada pergi dari 80-90. Metrik ini diperbarui sekali atau dua kali setiap bulan. Banyak ahli SEO menggunakan metrik ini dalam laporan mereka.

Domain Authority adalah ukuran dari seberapa baik sebuah website akan tampil di hasil pencarian. Ini adalah probabilitas seberapa baik setiap halaman web sewenang-wenang mengambil sebuah webpage dari sebuah situs yang akan diperingkat di SERP. Hal ini dihitung berdasarkan jumlah metrik, seperti total link, linking root domain, MozTrust dan MozRank, dll di antara 40 sinyal lain. Meskipun dapat digunakan untuk memantau kekuatan situs Anda dari waktu ke waktu, penggunaan yang lebih baik akan membandingkan situs Anda dengan kompetitor lain, karena OSE akan diperbarui begitu sering, dan Moz memakan waktu lebih dari 40 sinyal ke akun ketika komputasi Domain Authority. Jadi skor 40 hari ini tidak sama dengan skor 40 tahun yang lalu, atau tahun dari sekarang - itu adalah perubahan!

Page Authority, di sisi lain, mengukur kekuatan dari halaman web individu. Hal ini juga dihitung berdasarkan MozRank dan MozTrust, karena mereka bervariasi dari halaman ke halaman juga. DA tetap sama di seluruh situs (seperti Google PageRank), sedangkan PA untuk setiap halaman bervariasi.

Jadi, apa yang Anda pikirkan tentang metrikmu? Apakah Anda menggunakan itu ketika mengevaluasi situs Anda? Atau apakah Anda masih memilih Google PageRank dan Alexa Rank atas mereka? Tinggalkan tanggapan Anda di bagian komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat..!!

Berkomentar adalah hak asasi bagi semua pengguna internet dan akan berdampak kembali kepada diri masing - masing, maka berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan adalah suatu hal positif dan sangat dianjurkan.