MASIGNALPHA101
6536304137350128937

Kelebihan dan Kekurangan Search Engine Google, Bing, dan Yahoo

Kelebihan dan Kekurangan Search Engine Google, Bing, dan Yahoo
10/17/2018

Baca Juga


Kelebihan dan Kekurangan Search Engine Google, Bing, dan yahoo
Kebanyakan kita berpikir Google sebagai penguasa internet di dunia. Dan itu bukan generalisasi belaka. Dari setiap 10 orang, 7 orang pasti menggunakan Google search. Dan jaringan Google yang mengintegrasikan toolnya menjadikannya sebuah paket yang menakjubkan bagi penggunanya. Tapi di dunia ini tidaklah ada yang sempurna. Jika Bing telah mempertahankan beberapa pangsa pasar, dan jika Yahoo telah berhasil bertahan begitu lama, itu karena mereka menawarkan fitur - fiturnya yang tidak dimiliki oleh Google. Mari kita lihat mengapa 3 dari 10 orang mengabaikan Google dan menggunakan pilihannya sendiri.

Tentang Google

Anda pasti sudah tidak asing mendengar kata Google. Google adalah sebuah search engine dan yang paling banyak digunakan di dunia. Awalnya nama google bukanlah keinginan dari Sergey Brin dan Larry Page sebagai pendiri Google, nama Google muncul akibat kesalahan pengetikan kata “Googol” yang artinya angka 1 diikuti 100 angka nol.

Dari segi informasi yang didapat :

Dari segi informasi yang didapat, Google mempunyai fitur Knowledge Graph sehingga konten hasil pencarian menjadi lebih kaya dan detail. Contoh jika anda mencari di mesin pencari Google dengan kata kunci “Vincent Van Gough” maka Google akan memberikan informasi yang lebih detail dari biasanya, disisi kanan hasil pencarian anda akan menjumpai informasi lebih detail tentang “Vincent Van Gough” dari beberapa sudut.

Kelebihan :

  1. Google memiliki tampilan yang sederhana dan sedikit menu membuat pengguna mudah menggunakannya.
  2. Menu yang disediakan oleh Google dalam merujuk pengguna dalam mendapatkan informasi yang lebih akurat, jelas, lengkap, langsung dan memudahkan pengguna untuk menuju topik yang diinginkan.
  3. Saat kita mengetikan beberapa kata kunci yang sama dan dalam waktu yang bersamaan, hasil pencarian di Google lebih banyak dari pada Yahoo! ataupun Bing. Contoh : kita mengetikan kata “Perpustakaan” akan muncul sekitar 28.500.000 hasil di Google, 4.970.000 di Yahoo dan 4.550.000 di Bing.
  4. Kini Google lebih populer dibandingkan Yahoo dan Bing.
  5. Google mempunyai Google Translate yang dapat kita gunakan untuk menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa yang kita inginkan.
  6. Google memiliki fitur email yang terintegrasi dengan produk Google lainnya. Sehingga hanya perlu login dengan satu email Google untuk semua produk Google lainnya.
  7. Mempunyai instant answer.

Kekurangan :

  1. Meskipun hasil pencarian lebih banyak dibandingkan pesaingnya, namun terkadang hasil pencarian dari Bing lebih akurat dibandingkan Google ataupun Yahoo, hal itu dapat kita rasakan sendiri ketika kita menggunakannya secara langsung
  2. Meskipun Google mempunyai Google Translate, namun sudah bukan rahasia umum bahwa Google Translate memiliki banyak kelemahan dalam melakukan penerjemahan kalimat dan juga paragraph, sehingga bahasa yang dihasilkan terkesan aneh dan malahan sulit untuk dimengerti, bahkan oleh user yang sudah terbiasa menggunakan internet sekalipun.

Mengapa Kebanyakan Orang Masih Menggunakan Bing?

Oke, mari kita mulai dari awal. Bing dalam kondisi saat ini bisa sama sekali tidak bersaing dengan Google secara hasil pencarian. Data Google telah dikumpulkan selama bertahun-tahun menjadi sangat besar. Jadi keduanya tidak bisa bersaing head-to-head. Tapi Bing memang memiliki sesuatu yang membuat saya berpikir tentang hal itu kadang-kadang.

Pertama, Estetika. Bing memiliki user interface yang lebih user-friendly dari Google, dan karena itu saja kadang-kadang menorong saya untuk tetap menggunakan Bing jika saya menggunakan Internet Explorer atau pada perangkat Windows Phone. Bing akan menampilkan beberapa pilihan di bagian bawah, dan kadang dalam bentuk slider (untuk gambar, video, dll) di bagian bawah untuk menunjukkan apa yang sedang tren.

Bing merupakan mesin pencari yang berada pada naungan perusahaan Microsoft. Bing sempat berganti – ganti nama, awalnya adalah Live Serach, Windows Live Search, MSN Search dan hingga sekarang disebut Bing.

Peluncuran mesin pencari Bing ini diperkenalkan 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft yaitu Ballmer pada konferensi digital di San Diego, Amerika Serikat dan rensi diluncurkan pada 1 Juni 2009.

Jika anda pengguna Windows 10 dan menggunakan Cortana yang berhubungan dengan pencarian di internet, maka secara default akan tersambung ke Bing via Cortana atau dengan Microsoft Edge.

Dari segi informasi yang didapat :

Bing dibuat dengan menggunakan teknologi Power Set yang telah dibeli Microsoft pada 2008. Dengan teknologi power set ini hasil pencarian akan lebih akurat. Dan pada tanggal 29 Juli 2009 Microsoft dan Yahoo! mengumumkan akan menggabungkan search egine mereka yang dimana pengguna Yahoo! Search akan ditransisi dan menggunakan Bing.

Dan yang terbaru bulan Oktober 2011, Bing meluncurkan teknologi terbarunya menggantikan Power Set yaitu dinama Tiger. Dengan menggunakan teknologi tiger ini akan memberikan hasil pencarian yang lebih akurat.

Kelebihan :

  1. Berbeda degan Google yang serba putih, Bing milik Microsoft ini selalu memasang latar belakang foto alam yang menakjubkan pada halaman awalnya.
  2. Kecepatan akses dan loading telah menjadi kelebihan khusus yang dimiliki oleh Bing, bahkan untuk konten file video sekalipun.
  3. Meskipun hasil pencarian nya tidak sebanyak Google, namun hasilnya akurat. Hal itu dapat kita rasakan sendiri ketika kita menggunakannya secara langsung.
  4. Mempunyai fitur instant answer.
  5. Bing memberikan detail (alamat situs, nama, ukuran, dll) pada pencarian gambar dan Video, detail ini terdapat dibawah nya.

Kekurangan :

  1. Bing kurang diminati.
  2. Fiturnya masih kurang lengkap.
  3. Hasil pencarian yang kurang banyak dibandingkan Google. Dan tidak adanya fitur Knowledge Graph seperti Google.
  4. Banyak nya ruang kosong pada tata letak hasil pencarian.
bing-user-interface

Bing bahkan nyaman menampilkan riwayat pencarian saya, yang dapat membantu dengan mudah mengakses halaman terakhir yang saya kunjungi.

Hal terbaik tentang Bing adalah mungkin Gambar dan Video Searchnya. Dan saya cukup kagum dengan pencarian gambarnya. Bing dapat menafsirkan apakah Anda sedang mencari orang, tempat, atau benda. Anda kemudian dapat menggunakan pilihan ini untuk pencarian gambar secara efisien. Sama halnya untuk video, Anda dapat mencari video dengan menggunakan mesin pencari itu sendiri, seperti Google, dimana Anda harus masuk ke YouTube sebagai gantinya.

Fitur-fitur Bing tidaklah buruk kawan. Tapi seperti yang kita bahas, Google memiliki jumlah data dan pengalaman yang besar sedangkan Bing tidak.

Fitur Yahoo yang Tidak Dimiliki Google

Sama seperti Google yang awalnya tidak menginginkan nama Google tetapi Googol. Beda nya adalah Jerry Yang dan David Fillo selaku pendiri Yahoo! terpaksa menambahkan tanda seru (!) di belakang kata Yahoo sehingga menjadi “Yahoo!”. Ini dikarenakan nama “Yahoo” telah terlebih dahulu dipatenkan menjadi nama merek produk saus barbekyu dan perahu karet oleh perusahaan lain. Namun walaupun demikian, tanda seru itu sering diabaikan saat orang menyebut Yahoo.

Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark. Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guite to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo! dan Domain Yahoo.com dibuat pada 18 Jaunari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini.

Dari segi informasi yang didapat

Yahoo! bekerja sama dengan banyak penyedia konten dalam produk seperti Yahoo! Sport, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo! Movies, Yahoo! News, Yahoo! Answers dan Yahoo! Games untuk menyediakan konten media dan berita. Yahoo! juga menyediakan layanan personalisasi, My Yahoo!, yang mana memungkinkan pengguna untuk menggabungkan fitur Yahoo! favorit mereka, isi konten dan informasi ke dalam satu halaman.

Kelebihan :

  1. Yahoo! memang terkenal sebagai mesin pencari sama seperti Google dan Bing. Namun jika kita mendengar kata Yahoo! pasti yang telintas pertama kali di pikiran adalah email, karena email dari Yahoo! ini sangat nge tren pada masa nya.
  2. Yahoo! mengeluarkan fitur Yahoo! Messenger via Yahoo! Mail sehingga pengguna email Yahoo! dapat ber-messenger ria ketika sedang membuka email.
  3. Karena banyak nya kerja sama Yahoo! dengan penyedia konten pastinya hal itu bagus untuk memberikan konten yang lebih.
  4. Pada halaman awal Yahoo! akan ada berita – berita dan informasi – informasi yang siap anda baca

Kekurangan :

  1. Karena banyaknya berita – berita dan informasi – informasi yang ada pada halaman awal Yahoo! ini membuat tampilan Yahoo! sangat ramai terlebih lagi tata letak untuk mengetikan pencarian berada diatas membuat Yahoo! ini terkesan hanya sebagai situs berita.
  2. Satu id Yahoo! hanya untuk Yahoo! dan tidak bisa untuk produk – produk tertentu dari perusahaan lain seperti peroduk Windows, IM, MSN dll.
  3. Hasil pencarian yang dihasilkan sangat jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Google.

Yahoo memberikan paket lengkap untuk penggunanya. Jika Anda lihat ke homepage Yahoo, Anda akan melihat koleksi peralatan yang dapat Anda gunakan. Karena iGoogle akan pensiun, homepage Yahoo akan memiliki lahannya untuk dirinya sendiri.

Yahoo saat ini sedang mencoba untuk bergerak lebih horizontal, karena tidak dapat bersaing secara vertikal dengan Google. Fitur lokal Yahoo membantu pengguna untuk menemukan bisnis lokal dan tempat-tempat di dekat lokasi mereka. Lalu ada Yahoo Answer, yang memiliki database Q & A terbesar di dunia. Dan jangan lupa Flickr, yang mana Picassa Google tidak dapat bersaing lagi.

Jadi sementara fitur ini mungkin tidak cukup kuat untuk meruntuhkan Googler dari Google, namun mereka yakin hal yang berbeda akan menghasilkan sesuatu yang besar pula.
Antonio Ferguso

Saya hanyalah seorang blogger pemula yang suka mengintai para senior blogger lewat postingan mereka, untuk mempelajari hal baru tentang dunia blogger yang masih belum saya mengerti. Jadi tidak ada salahnya mengintai untuk hal kebaikan dan kebenaran :D

Berkomentar adalah hak asasi bagi semua pengguna internet dan akan berdampak kembali kepada diri masing - masing, maka berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan adalah suatu hal positif dan sangat dianjurkan.