MASIGNALPHA101
6536304137350128937

Panduan Menggunakan Google Search Console Versi Baru (Beta)

Panduan Menggunakan Google Search Console Versi Baru (Beta)
10/10/2018

Baca Juga

Google Search Console merupakan alat bermanfaat yang memberikan wawasan berharga untuk membantu anda mengoptimalkan situs web anda. Dalam artikel ini, kami memberi anda pengantar untuk Search Console baru, dan menjelaskan cara menggunakan fitur tambahan.

Setelah beberapa bulan pengujian, versi baru Google Search Console telah tersedia untuk semua pengguna pada akhir Januari 2018, dan menawarkan banyak fitur baru kepada webmaster. Antara lain, pengguna sekarang memiliki akses ke data historis dari 16 bulan (bukan 90 hari seperti sebelumnya). Fungsi baru lainnya termasuk misalnya Laporan Indeks Cakupan, yang berarti anda dapat melacak kinerja masing-masing URL dalam pencarian.

Google Search Console atau dulu bernama Google Webmaster Tools merupakan sebuah dashboard yang disediakan oleh Google bagi para Webmaster untuk mengelola, memantau dan me-maintenance blog agar tetap berada dalam pengindeksan mesin pencari Google.

Pada dasarnya, seorang blogger tidak perlu mendaftarkan blog-nya ke Google Search Console agar bisa terindex oleh Google Search Engine..

tapi..

Dengan mendaftarkan blog ke Google Search Console, bisa membantu para blogger untuk melihat bagaimana status pengindeksan blog di Search Engine, serta mengoptimalkan kinerja di hasil penelusuran.

Manfaat Menggunakan Google Search Console

  • Memastikan Google Search Engine bisa mengakses blog kamu;
  • Meng-submit artikel baru agar segera terindex oleh Google dan menghapus link yang tidak kamu inginkan ada di hasil pencarian Google;
  • Mempertahankan blog kamu tetap berada di mesin pencari dengan optimalisasi blog;
  • Memantau spam atau malware yang bisa membuat blog kamu hilang dari mesin pencari;
  • Membantu para blogger untuk mengoptimasi agar blog mereka mempunyai struktur yang sesuai dengan aturan-aturan dan rekomendasi search engine Google (terutama dari sisi on-page)
  • Mengetahui blog atau situs lain yang memberikan in-bound link ke blog kamu;
  • Mengetahui apakah blog kamu nyaman dilihat dengan perangkat mobile (mobile friendly);
  • dan lainnya;
Jadi bagi kamu yang ingin blog-nya tetap sesuai dengan kaidah-kaidah Google agar tetap terindex dengan baik, Google Search Console merupakan salah satu tool wajib yang harus kamu pahami. 

Melakukan migrasi dari Search Console lama ke Search Console baru

Panduan migrasi untuk pengguna yang ada
Jika Anda masih menggunakan Search Console lama, panduan ini akan menunjukkan perbedaan utama antara Search Console versi lama dan versi baru.

Perubahan umum

Search Console baru menghadirkan penyempurnaan berikut dibandingkan versi lama:
  • Data traffic penelusuran selama enam belas bulan; pada Search Console lama, tiga bulan
  • Mobile friendly
  • Informasi mendetail tentang halaman tertentu, termasuk cakupan indeks, URL kanonis, kegunaan seluler, dan lain-lain
  • Melacak alur untuk membantu Anda memonitor, memperbaiki, dan meminta crawling ulang atas halaman yang terpengaruh oleh masalah crawling.
  • Laporan dan fitur baru dan disempurnakan, seperti dijelaskan di bawah.

 

Perbandingan fitur dan laporan

Google Search Console telah membuat banyak fitur dan laporan versi baru, dan akan terus memigrasikan fitur dan laporan lainnya. Berikut ini perbandingan fitur dan laporan pada Search Console lama dan baru. Daftar ini akan berubah seiring dengan penambahan laporan baru.

Sebaiknya gunakan laporan versi baru jika sudah tersedia. Laporan lama yang sudah tersedia dalam versi baru akan segera dihapus.

Cara baru untuk menjalankan tugas umum

Beberapa langkah tugas umum telah berubah di Search Console versi baru. Berikut ringkasan yang paling umum:
  • Menambahkan properti baru: Baca alur properti baru. Semua properti sekarang tercantum di daftar drop-down pada menu navigasi di setiap halaman. Anda dapat menghapus properti dari daftar untuk berhenti menerima notifikasi tentang properti tersebut.
  • Mengubah properti: Gunakan drop-down pemilih properti di bagian navigasi dokumen.
  • Memeriksa resource yang diblokir, robots.txt, atau noindex: Gunakan Fitur Inspeksi URL untuk memeriksa versi aktif atau terindeks dari sebuah halaman, termasuk semua pemblokirannya.
  • Menguji pengambilan Googlebot pada halaman: Gunakan Fitur Inspeksi URL untuk menjalankan pengujian pada halaman aktif.
  • Mengupload peta situs: Gunakan Laporan peta situs baru untuk mengupload peta situs. Peta situs yang diupload akan langsung diuji.
  • Men-debug hasil kaya: Gunakan laporan Penyempurnaan Individual yang terlihat di halaman status.
  • Mencari error pengindeksan tingkat situs: Gunakan laporan Status Cakupan Indeks untuk melihat statistik pengindeksan di tingkat situs.
  • Mencari error pengindeksan tingkat halaman: Gunakan Fitur Inspeksi URL baru untuk mempelajari masalah crawling mendetail untuk halaman tertentu.
  • Meminta crawl halaman: Periksa halaman aktif menggunakan Fitur Inspeksi URL baru dan minta crawling ulang.
  • Memeriksa halaman aktif: Menggunakan Fitur Inspeksi URL baru.
  • Membaca klik situs, tayangan, dan CTR (Analisis Penelusuran): Gunakan Laporan Performa yang setara.
  • Pengguna dan izin dan detail verifikasi masih dapat diakses melalui ikon setelan Setelan di panel navigasi.

Fitur yang belum didukung

Berikut ini beberapa fitur yang belum didukung dalam Search Console versi baru. Jika perlu menggunakannya, untuk sementara Anda harus menggunakan Search Console versi lama.
  • Data Statistik Crawling (halaman yang di-crawl per hari, KB yang didownload per hari, waktu download halaman)
  • Penguji robots.txt
  • Mengelola parameter URL di Google Penelusuran
  • Penargetan internasional (mengelola tag hreflang atau menyetel negara target yang dipilih)
  • Fitur data highlighter
  • Penyempurnaan HTML
  • Membaca dan mengelola pesan
  • Fitur ganti alamat
  • Menyetel domain pilihan
  • Mengatribusikan properti Search Console dengan properti Analytics
  • Menolak link
  • Menghapus konten usang dari indeks
  • Kumpulan properti belum didukung
Google Search Console telah menjadi multi-alat nyata untuk analisis web. Fungsi standar termasuk menyimpan sitemap.xml dan analisis halaman yang dapat diindeks, dan alat ini juga menyediakan informasi yang berguna mengenai kemungkinan kesalahan HTML dalam judul dan meta-deskripsi.

Apakah kamu penasaran? Mari kita lihat lebih dekat fitur-fitur Search Console baru. Di bawah ini, kami membuat daftar sepuluh pertanyaan umum tentang penggunaan GSC baru: 

1. Bagaimana cara saya menentukan peringkat dengan Search Console baru?

Antarmuka baru di area “Status / Kinerja” berisi analisis pencarian, salah satu fitur inti dari Search Console. anda dapat mengakses analisis pencarian melalui dashboard dengan mengklik “Buka Laporan” dalam tampilan kinerja.


Di sini anda dapat menentukan peringkat istilah pencarian anda dengan Search Console. Laporan ini sederhana dan diatur dengan jelas, dan di area atas anda dapat mengurutkan klik dan tayangan melalui web, video, atau gambar.


Dalam tampilan sentral laporan kinerja, ada empat tab di bagian atas:

“Total klik”
“Total tayangan”
“RKT/CTR Rata-rata”
dan “Posisi rata-rata”

Untuk menampilkan peringkat individual untuk halaman, permintaan pencarian, negara atau perangkat, anda dapat mengaktifkan ubin “Posisi rata-rata” dengan mengkliknya.


2. Kerangka waktu mana yang dapat saya gunakan untuk menganalisis data saya?

Periode analisis dapat ditetapkan secara individual di Google Search Console Google Search Console yang baru. Data dari periode yang lebih lama (hingga 16 bulan) sekarang dapat dianalisis. Sebelumnya, hanya data dari 90 hari sebelumnya yang bisa dianalisis.

Cukup mengatur periode analisis yang diinginkan dengan mengklik tombol “Tanggal” dalam bilah filter.


3. Bagaimana saya menentukan peringkat setiap halaman?

Untuk mengetahui URL individual mana dari rangking situs web anda, klik pada tab “Halaman”.


Sekarang, anda akan melihat posisi peringkat rata-rata halaman anda, memberi anda gambaran umum yang berguna tentang halaman anda yang memiliki peringkat terbaik.

Anda juga dapat memfilter informasi ini dengan mengklik simbol filter. Misalnya, anda dapat memfilter untuk mendapatkan ikhtisar laman yang memiliki posisi peringkat rata-rata kurang dari 20.

4. Bagaimana cara saya memfilter peringkat saya menurut kata kunci tertentu?

Untuk melihat klik dan tayangan, klik sim bol filter dan centang kotak “queries”. Kemudian sebuah kotak akan muncul di mana anda dapat memasukkan istilah pencarian anda.


Filter praktis lebih lanjut membuat pengurutan berdasarkan peringkat menjadi mudah. Misalnya, anda dapat memilih untuk hanya melihat halaman yang memiliki peringkat di halaman pertama.

Anda dapat melihat semua kata kunci yang peringkatnya lebih rendah dari posisi 10. Misalnya, anda dapat menetapkan filter sehingga anda melihat semua halaman yang memiliki peringkat di antara posisi 10 dan 20 (yaitu pada halaman kedua), untuk mengoptimalkan peringkat halaman kedua anda mudah. Halaman yang peringkat posisi 11 rata-rata memiliki potensi pengoptimalan yang sangat tinggi.

5. Bagaimana saya bisa menentukan peringkat halaman dengan kata kunci yang mana?

Pencarian Google dapat menunjukkan hasil pencarian yang berbeda tergantung pada lokasi atau perangkat pengguna. Google Search Console baru mempertimbangkan fakta ini.

Klik kata kunci dalam rangkuman peringkat anda dan kemudian pada tab “Halaman”. Peringkat untuk kata kunci ini ditampilkan dalam kaitannya dengan URL peringkat situs web anda.

6. Bagaimana saya membandingkan peringkat menurut negara?

Jika situs web anda ditawarkan di berbagai negara, perbandingan negara sangat berguna. Klik pada analisis kinerja pada tab “negara”.

Jika anda ingin menentukan bagaimana peringkat anda berbeda di setiap negara, anda dapat menambahkan filter.


Anda juga bisa mendapatkan hasil yang sama dengan mengklik peringkat istilah pencarian dan kemudian memilih tab “Negara”.


7. Bagaimana saya membandingkan peringkat saya di ponsel dan desktop?

Melalui perbandingan peringkat ponsel dan peringkat desktop, anda dapat, misalnya memeriksa apakah situs web anda berkinerja baik dalam SERP seluler seperti halnya di penelusuran desktop. anda mendapatkan perbandingan peringkat global antara perangkat anda ketika anda mengklik tab “Perangkat” dalam laporan kinerja.


8. Bagaimana saya dapat membuat perbandingan peringkat selama periode waktu yang berbeda?

Peringkat tidak pernah statis, tetapi berubah setiap hari. Dengan perbandingan periode waktu yang berbeda di Google Search Console, anda dapat melihat bagaimana peringkat anda berubah seiring waktu.

Anda dapat menentukan periode perbandingan secara individual dengan mengklik tombol “tanggal” filter dan kemudian “Bandingkan”


Pada saat yang sama, filter lebih lanjut dapat diatur sesuai dengan permintaan pencarian. Dengan mengklik tab “queri” anda sekarang akan menerima perbandingan tiga bulan peringkat untuk permintaan pencarian spesifik:


Analisis ini juga berguna untuk membatasi kemungkinan kerugian dalam peringkat dari waktu ke waktu. Analisis posisi kemudian dapat menunjukkan perkembangan peringkat situs web anda selama setahun atau lebih, misalnya.

9. Bagaimana saya menganalisis data peringkat saya dalam kombinasi dengan tingkat klik saya?

Dengan klik pada tab “CTR/RKT rata-rata”, semua data akan digabungkan dengan tingkat klik di SERPs.


10. Bagaimana saya bisa mengekspor data saya?

Mengekspor data sangat intuitif. Di setiap analisis, anda dapat melihat ikon unduh. Ketika anda mengklik ini, menu akan terbuka dan anda akan diminta layu anda ingin mengekspor data sebagai lembar excel atau lembar google.

Ketika anda menggunakan Google Search Console, anda sudah masuk ke akun Google anda, jadi jika anda mengklik pada lembaran Google, tabel akan segera terbuka di jendela baru. Ini kemudian dapat diekspor atau dikerjakan secara langsung.

Sekarang kamu sudah tau fungsi dari Google Search Console, manfaatkan layanan gratis dari Google ini untuk meningkatkan kualitas blog kamu di mata mesin pencari.
Antonio Ferguso

Saya hanyalah seorang blogger pemula yang suka mengintai para senior blogger lewat postingan mereka, untuk mempelajari hal baru tentang dunia blogger yang masih belum saya mengerti. Jadi tidak ada salahnya mengintai untuk hal kebaikan dan kebenaran :D

avatar

entah mengapa saya lebih suka versi yang jadul, mungkin karena sudah kebiasaan

11 October, 2018 04:28
avatar

kinerja saya kok ngga muncul ya?

19 October, 2018 13:51
avatar

maksud jumlah posisi rata rata dgn hasil <10 .. atau >10 .. maksudnya apa..?

19 October, 2018 14:17
avatar

Mungkin butuh beberapa waktu agar kinerja muncul gan, karena google search console gk lngsung membaca kinerja situs kita

19 October, 2018 15:06
avatar

Itu untuk melihat peringkat halaman kita gan, bisa di filter dari hasil 1-10 atau 11-20, dan seterusnya

19 October, 2018 15:08
Berkomentar adalah hak asasi bagi semua pengguna internet dan akan berdampak kembali kepada diri masing - masing, maka berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan adalah suatu hal positif dan sangat dianjurkan.