MASIGNALPHA101
6536304137350128937

Rumus Dasar Beriklan Di Facebook

Rumus Dasar Beriklan Di Facebook
10/12/2018

Baca Juga

Kita akan membahas iklan facebook untuk blog dan usaha online, perlu modal lebih untuk prakteknya. Sangat disarankan sebelum memulai, anda bisa pahami dulu bagaimana proses berjalannya dari si iklan facebook ini.


Facebook menawarkan banyak sekali pilihan periklanan dengan fokus tujuan yang berbeda, disini kita tidak membahas keseluruhan tetapi hanya sebagian dan yang paling umum dipakai oleh orang-orang. Kalau kita perkecil lagi, dari sekian banyak pilihan tujuan iklan facebook, sebenarnya hanya ada 4 pembagian saja yang disediakan dan facebook memberikan pelebaran untuk setiap pembagian itu, hasilnya seperti sekarang, sangat banyak.

Misalnya untuk iklan jenis konversi, disitu bisa kita pilih untuk memperbanyak pembelian atau penayangan, untuk sekedar klik iklan atau ada kegiatan dalam website yang nantinya semua akan dicatat menggunakan pixel dari facebook.

Pixel adalah alat pelacakan dari facebook yang cara penggunannya kita cukup memasangkan saja ke website kita dan datanya akan bisa terlacak di laman facebook ads (pengelola iklan facebook).
Nah, ini dia 4 pembagian utama dari iklan facebook yang perlu anda ketahui :
  1. Iklan untuk pengenalan merk
  2. Iklan untuk interaksi
  3. Iklan untuk klik kunjungan website / tautan
  4. Iklan untuk konversi
Pilihan iklan untuk konversi merupakan pengaturan lanjutan untuk iklan klik kunjungan website, hanya saja yang berbeda nanti adalah jangkauan orangnya, misalnya kalau anda ingin menjual barang, berarti iklan yang anda butuhkan adalah konversi untuk pembelian, Maksudnya, iklan anda akan dijangkau oleh orang-orang yang kemungkinan besar membeli produk anda, bukan hanya sekedar klik kunjungan ke website. Ditambah nanti data yang akan tampil di pengelola iklan lebih menonjolkan berapa jumlah orang yang melakukan pembelian di website anda melalui iklan yang sudah dibuat, akan terlihat juga biaya rata-rata yang dikeluarkan iklan anda sebelum orang membeli produk yang ada. Contohnya seperti ini


Anda juga bisa melakukan pelacakan menggunakan aplikasi pengelola iklan facebook di android.
Poin penting yang harus diperhatikan sebelum mulai beriklan adalah dengan mengetahui dulu tujuan iklannya buat apa ?. Masalah balik modal atau tidak, itu belakangan. Disini kita sedang belajar untuk pertama kalinya dan kegagalan adalah hal yang biasa.

Rumus dasar untuk menentukan pilihan iklan terbaik mudah saja, misalnya anda ingin memperbanyak follower fanpage, pilihlah iklan untuk menambah like / pengenalan merk.
Anda ingin mendapatkan banyak like, komen dan share dari kiriman di fanpage, pilihlah iklan untuk interaksi kiriman.

Anda ingin mendatangkan kunjungan banyak orang ke blog untuk kebutuhkan adsense, viewers dan sebagainya, pilihlah iklan untuk klik kunjungan website. Anda ingin melakukan penjualan dengan jangkauan orang yang lebih (hanya) terfokus dan punya kemungkinan besar untuk melakukan pembelian, pilihlan iklan untuk konversi pembelian. Anda ingin melakukan penjualan di website (toko online) tetapi dengan jangkauan orang yang lebih luas dan kemungkinan biaya yang lebih rendah dengan interaksi kiriman lebih banyak, pilihlah iklan untuk klik kunjungan website.

Anda ingin meningkatkan kunjungan + tayangan website, pilihlah konversi iklan untuk penayangan.
Begitulah yang perlu anda ketahui dulu, proses beriklannya memang tidak jauh berbeda tapi sistem facebook akan membedakan orang-orang yang melihat iklan dan yang ingin anda jangkau. Pastikan punya tujuan yang jelas sebelum mulai beriklan.

Dalam prakteknya nanti, anda akan melihat pengaturan memilih orang-orang yang ingin dijangkau dan ditampilkan iklan anda ke mereka. Dalam pengaturan yang diberikan, ada pilihan perluasan jangkauan, artinya adalah anda mengijinkan facebook menampilkan iklan juga ke siapapun orang yang mirip dengan target yang sudah anda buat sebelumnya.

Contoh, anda mengetik target iklan untuk orang yang menyukai dan berminat dengan brewok, jika perluasan jangkauan diaktifkan, berarti anda mengijinkan facebook juga menampilkan iklan ke orang-orang yang menyukai rambut panjang, obat penumbuh rambut, obat penumbuh brewok, orang orang berkumis dan lainnya yang mempunyai kemiripan.

Jika teman anda bergabung ke banyak grup tentang brewok, menyukai banyak halaman yang berkaitan dengan brewok, maka teman anda juga menjadi salah satu dari orang yang iklan anda jangkau. Begitulah kira-kira cara facebook membagi-bagi setiap golongan untuk dijadikan target iklan.

Selanjutnya adalah Lookalike audience, ketika anda mengaktifkan ini, artinya anda sepenuhnya mempercayakan facebook untuk memilah dan memberikan penargetan otomatis pada iklan yang anda buat untuk tujuan konversi lanjutan. Tenang, facebook tidak akan menjangkau orang dengan cara yang sembarangan.

Lookalike berpasangan dengan pixel yang sebelumnya sudah dibahas, penargetan otomatis ini akan menjangkau orang-orang yang terkait dengan bisnis anda, terkait dengan website anda, menjangkau orang-orang yang serupa dengan pengunjung web anda sebelumnya, menjangkau orang-orang yang serupa dengan pengikut fanpage anda dan temannya.

Lookalike juga termasuk penargetan iklan yang terfokus, orang yang akan dijangkau nantinya lebih sedikit dibandingkan dengan penargetan manual yang biasanya anda lakukan. Pilihan iklan ini kurang cocok untuk anda yang menginginkan banyak klik ke website, pengenalan merk dan termasuk juga untuk peningkatan pendapatan adsense, tapi sangat bagus untuk anda yang ingin iklannya hanya tampil kepada orang-orang yang tepat sesuai dengan isi website.

Jenis penargetan yang terfokus lainnya adalah perilaku dan klasifikasi pengguna, dengan mengatifkan pilihan ini, artinya anda hanya ingin menampilkan iklan ke orang-orang yang sesuai dengan perilaku pengguna yang sudah anda atur sebelumnya.

Contoh, iklan hanya tampil ke orang-orang yang suka terhadap barang mahal, atau iklan hanya tampil ke orang-orang yang sering melakukan belanja online melalui situs facebook dan pengaturan lain yang ada.

Bagian kecil seperti ini yang seringkali tidak diketahui oleh pemula, yang mereka tau beriklan facebook hanya sekedar membuat dan menjalankan iklan saja, itu adalah suatu kesalahan.
Sampai disini anda sudah tau dasarnya, tapi apakah anda sudah tau tipe iklan apa yang disarankan untuk seorang pemula ?

Jika anda baru pertama kali memulai iklan facebook dan memulai dunia website, beginilah urutan percobaan iklannya :
  • Iklan untuk pengenalan merk dan mendapatkan followers fanpage
  • Iklan untuk kunjungan website dan iklan untuk konversi lanjutan
  • Perulangan untuk iklan pengenalan merk dan mendapatkan followers fanpage
  • Iklan untuk interaksi
  • Iklan untuk kunjungan website dan iklan untuk konversi penjualan (jika anda menjual sesuatu) atau konversi untuk tayangan.

Pilihan tujuan periklanan facebook yang tersedia saat ini



Kenapa harus beriklan untuk pengenalan merk dan mendapatkan followers ?

Apapun yang sedang anda buat di internet hampir pasti membutuhkan orang lain untuk mengenal siapa anda dan apa yang dikerjakan, pengikut inilah yang akan melihat kegiatan internet anda.
Anda tidak bisa terus beriklan hanya untuk kunjungan website, selain terus mengeluarkan uang, anda juga tidak bisa mendapatkan visitor setia dan sebuah nama besar yang dikenal. Saya sarankan untuk pertama kali mencoba, gunakan tipe iklan ini


Jangkau orang-orang yang akan menyukai poduk anda, termasuk juga web anda, tidak hanya barang jualan, termasuk juga tulisan yang anda bagikan di blog.
Dari sini anda bisa belajar untuk menemukan target paling sempurna sesuai keinginan anda, simpan penargetan anda dan lihat seberapa banyak orang menyukai dan mengikuti facebook page anda.
Berkomentar adalah hak asasi bagi semua pengguna internet dan akan berdampak kembali kepada diri masing - masing, maka berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan adalah suatu hal positif dan sangat dianjurkan.