MASIGNALPHA101
6536304137350128937

Rumus Lanjutan Beriklan Di Facebook

Rumus Lanjutan Beriklan Di Facebook
10/16/2018

Baca Juga


Ini adalah artikel lanjutan dari pembahasan artikel yang kemarin tentang rumus dasar beriklan facebook, setelah menentukan pilihan iklan mana yang akan anda pakai dan urutan pecobaannya, setelah itu masih ada bagian-bagian lain dalam pengaturan iklan yang wajib anda perhatikan untuk mengurangi jumlah kegagalan dalam belajar tahap dasar.

  • Memperkenalkan merk produk anda

Merk produk bukan hanya barang yang dijual, website anda juga termasuk merk yang akan dikenalkan ke semua orang, seperti pada pembahasan sebelumnya, beriklanlah dulu untuk pengenalan merk baru kemudian dilanjutkan dengan iklan untuk mendatangkan kunjungan dengan klik tautan.
Untuk membuat semuanya jadi mudah, anda pasti butuh modal.

Sebaiknya anda siapkan uang 300.000 untuk membayar beriklan di facebook. Silahkan anda bagi 2 uang tersebut yang nantinya akan digunakan membangun sebuah merk sekaligus memasarkannya secara bersamaan. Sebagian uang untuk mendatangkan followes dan sebagian uang untuk menarik kunjungan (masuk ke web landing page produk).

Sekarang kita gunakan 150.000 pertama untuk pembuatan iklan menambah like / followers fanpage, disini gunakan target yang luas dan sesuai dengan produk yang anda tawarkan. Seminggu pertama sebaiknya gunakan penuh untuk pengenalan produk, kalau bisa gunakan semua budget untuk itu. Setelah mendapat like yang memadai kemudian lanjut ke iklan klik tautan. Setiap akan menjual produk baru atau beriklan utk kunjungan web sebaiknya anda atur budget dulu untuk iklan menambah like / followers fanpage, kenapa ?

 Orang-orang lama yang sudah mengikuti fanpage dari dulu belum tentu akunnya masih aktif dan bisa terjangkau oleh anda, mungkin juga sudah lupa kalau dia sudah menyukai fanpage anda, tapi beda dengan orang baru. Jika hari ini anda beriklan dan mendapatan 1000 like fanpage, harusnya ketika anda beriklan besok hari, orang orang ini akan terjangkau postingan baru fanpage anda baik jangkauan organic atau jangkauan bersponsor (iklan) dan karena mereka baru like facebook page anda, pastinya mereka masih aktif berfacebook ria (followers aktif) dan mereka masih sadar baru saja menyukai halaman facebook anda.

  • Target pasar

Target pasar untuk mengenalkan produk dan membangun fanpage bisa dibuat lebih luas, contohnya disini saya akan menjual produk baju. Setelah fanpage dibuat, lanjutkan dengan merapihkan fanpage dan kemudian mulai beriklan.



Produk yang unik akan meningkatkan daya beli, kalau produk anda tidak unik, buatlah iklan yang unik. Ini yang paling menentukan tertarik tidaknya orang dengan iklan anda.

Ketika mulai beriklan, penargetan adalah hal tersulit dibanding teks dan gambar. Penargetan biasanya akan menemukan kecocokan setelah pernah gagal, maksudnya kita akan belajar dari pengalaman gagal tersebut, terus mencoba mencari target pasar yang paling cocok.

Disini saya akan menjual baju, produknya menurut saya unik dan untungnya untuk produk semacam ini bisa dijual mudah dengan target pasar yang luas, terutama untuk awalan disini kan tujuannya membangun fanpage / merk, setelahnya nanti baru target diperkecil / difokuskan demi penjualan yang lebih baik.

Buka fanpage anda dan buatlah sebuah kiriman berisi link menuju blog atau website anda, Masukkan link sesuai halaman blog yang akan dituju. Jangan lupa tambahan keterangan pada kiriman dengan jelas. Jika anda melakukan penjualan, buatlah kalimat yang menarik untuk produk anda.



Atau anda bisa langsung menggunakan tombol promosikan di samping kiri bagian bawah fanpage anda dan tanpa membuat iklan ini terlihat di kronologi fanpage.


Tipe iklan diatas selain Get More People to see your posts sama dengan iklan untuk interaksi. Selain itu adalah tipe iklan untuk klik tautan.

Hasil nanti seperti ini dan tanpa melakukan kiriman post ke kronologi fanpage.


Bagian untuk pengaturan target ada di bawah kolom penulisan teks, budget dan masih di satu halaman yang sama.

Dalam proses pembuatan target, buatlah banyak target untuk setiap percobaan iklan yang dibuat, dari beberapa target tersebut, nantinya bisa kita lihat mana yang terbaik dan paling cocok dengan anda. Saya ambil contoh misalnya untuk promosi blog yang menjual baju dengan pilihan tipe iklan klik tautan.

Misalnya :

1. Penargetan pertama

  • Target umur = 20 – 65+
  • Minat = baju, kaos, celana dan lainnya (total akhir pemirsa 20 juta)
  • Pengecualian = orang yang sedang bersekolah
  • Budget = 25.000/hari

2. Penargetan kedua

  • Target umur = 18 - 35
  • Minat = baju, kaos, celana dan lainnya (total akhir pemirsa 13 juta)
  • Perluasan jangkauan
  • Budget = 25.000/hari

3. Penargetan ketiga

  • Target umur = 18 - 40
  • Minat = Baju, kaos, celana dan lainnya (totak pemirsa sementara 10 juta)
  • Perkecil target = orang yang menyukasi baju dan sering menggunakan kaos
  • Klasifikasi pelanggan = orang yang menyukasi barang mahal
  • Pengecualian = orang yang bersekolah atau tidak bekerja
  • Total akhir pemirsa dengan banyakan pengecualian dan perkecil target menjadi 2 juta pemirsa.
  • Budget 25.000/hari 
Anda harus membuat banyak penargetan seperti diatas, penargetan pertama dengan jangkauan luas dan umur yang panjang juga, berikutnya ada pengecilan target dan terakhir tipe iklan yang paling fokus hanya ke orang-orang tertentu saja. Buatlah sesuai kreasi anda dan lihat target mana yang menunjukan hasil terbaik.

Jika beruntung, di hari pertama beriklan, anda sudah mendapatkan hasil memuaskan, biasanya untuk budget dibawah 25.000/hari anda bisa mendapatkan balik modal di hari ke dua dan tiga, tapi jangan kaget pada pertengahan berjalannya iklan biasanya ada masa-masa sepi hasil dan juga jangan kecewa jika di hari pertama beriklan anda tidak mendapatkan apapun. Cobalah penargetan lain pada hari berikutnya.

Secara default, target iklan facebook adalah seperti ini


Untuk anda yang menjual produk, pilihan target seperti diatas tidaklah cocok, tapi untuk anda yang bermain di konten berita, cobalah sesekali menggunakan penargetan default dari facebook. Jangkauan anda akan tinggi atau tambahkan sedikit penargetan manual. Sedikit saja dan biarkan total pemirsa anda tetap tinggi.

Jika anda adalah murni blogger, untuk mendapatkan hasil terbaik dengan mendapatkan jangkauan yang luas tapi tetap ter-arah adalah dengan menggunakan daftar minat dan pekerjaan yang jumlahnya sedikit, misalnya 4 - 6 saja tapi pilih yang total pemirsanya luas.

Berbeda kalau anda seorang penjual, total pemirsa yang luas tidak menjamin produk anda akan laku, kecuali tujuan utama anda adalah memperkenalkan produk ke semua orang tanpa menutup peluang orang untuk membeli produk anda. Jika anda hanya ingin orang melakukan pembelian tapi dengan pilihan tipe iklan klik tautan dan bukan tipe iklan khusus untuk konversi pembelian, maka buatlah target pemirsa lebih kecil dan cukup fokus. Misalnya pada contoh penargetan diatas, dari yang sebelumnya total akhir pemirsa 20 juta anda tambahan pengecilan minat dan pengecualian sampai akhirnya total akhir pemirsa anda hanya 2 juta.

Jangan berfikir kalau total pemirsa dan jangkauan anda luas pasti untung anda semakin besar. Tidak sepenuhnya benar. Penjelasan sederhananya begini :
Ada perbedaan ketika anda beriklan untuk blog anda dan beriklan untuk produk
Beriklan untuk blog (meningkatan pembaca dan pendapatan dari adsense) adalah mengajak orang mengenal tulisan anda (gratis), sedangkan beriklan untuk jualan adalah mengajak mereka membeli produk anda (keluar uang). Sesuatu yang gratis akan lebih menarik buat banyak orang.

Jangan sampai, orang-orang yang sama sekali tidak tau dengan produk anda justru melihat produk anda, jangan sampai orang yang tidak cocok dengan produk anda justru melihat produk anda. Jangan sampai produk dewasa terlihat oleh anak pengguna facebook berusia 13 tahun. Jangan sampai ketika orang melihat iklan anda dan klik iklan anda, tapi setelah sampai di website justru tidak mengerti sama sekali dengan produk yang ditawarkan.

Itulah pentingnya kenapa kita harus membuat target yang paling sesuai, dan bukan hanya minat, tapi juga jenis kelamin dan umur target iklan.

  • Perilaku dan klasifikasi pelanggan

Ini adalah tambahan yang penting untuk mengurangi jumlah CLBK, chat lama tapi tidak membeli sama sekali. Pengaturan ini tidak wajib dilakukan, Silahkan dicoba untuk melihat penargetan mana yang terbaik untuk anda.

Selain target untuk minat dan pekerjaan, anda bisa menambahkan target khusus untuk mengklasifikasikan pelanggan anda berdasarkan kesukaan mereka terhadap barang mahal dan seringnya mereka berinteraksi untuk pembelian.

Masih di halaman yang sama, anda cukup klik pada bagian jelajahi dan masuk ke klasifikasi pelanggan dan pilih negara Indonesia dan orang-orang yang menyukasi barang mahal.


Selanjutnya, atur bagian perilaku dan pilih pembelanja yang berinteraksi.


  • Waktu beriklan

Pemilihan waktu kapan anda mulai beriklan itu sangat penting, saya sarankan untuk memulai membuat iklan dan mengaktifkannya di pagi hari sekitar jam 08.00 atau malam hari sekitar jam
20.00. Facebook menggunakan sistem 24 jam, jika anda beriklan jam 8 pagi dan diatur selama 1 hari penuh maka iklan akan berakhir jam 8 pagi besok hari, bukan jam 12 malam. Iklan anda memang berjalan terus menerus, tapi iklan yang anda buat biasanya bergerak sangat cepat menjelang waktu iklan berakhir. Belum paham maksudnya ?

Saya menyarankan untuk membuat iklan jam 20.00, kenapa ?

Seperti yang saya tulis diartikel sebelumnya, iklan facebook bergerak sangat cepat menjelang waktu iklan berakhir atau sekitar 3 jam sebelum iklan berakhir. Jadi, ketika anda mulai beriklan jam 20.00, iklan anda akan berjalan sangat cepat dan menghabiskan sisa budget dimulai sejak pukul
17.00 atau 18.00 dan disaat itulah orang-orang mulai bersantai dari kegiatan hariannya.

Misalnya anda beriklan dengan budget 50.000 per hari dan mulai dibuat iklannya jam 20.00, nah dari  awal  berjalannya  iklan jam  20.10 sampai  jam  16.00 besok harinya,  budget  yang terpakai  hanya  20.000 saja, dan  30.000 sisanya  baru akan terpakai  mulai  jam  16.00  yang kemudian bergerak sangat cepat menjelang jam 18.00 sampai selesai. Begitu juga jika anda memulai iklannya pagi hari jam 08.00, pergerakan iklan sangat cepat 2 – 3 jam sebelum berakhirnya iklan.

Disini kita melihat waktu yang paling tepat untuk membuat iklan kita benar-benar terlihat oleh orang yang tepat juga. Pada pagi hari biasanya orang bersantai setelah subuh sampai berangkat kerja, dan disinilah tujuan sebenarnya kenapa budget facebook terkuras abis menjelang akhir dan alasan kenapa kita membuat iklannya sekitar jam 8 pagi sehingga orang-orang yang aktif internetan pada pagi hari sebelum beraktifitas akan melihat iklan kita.

Jam berapapun anda memulai iklan, pastikan anda lihat waktu 3 jam sebelumnya, apakah orang-orang banyak yang aktif pada waktu itu. Jangan sampai iklan anda berjalan tanpa kejelasan dan tidak menjangkau orang yang tepat.

Sama dengan jam tayang acara televisi, tayangan dewasa akan dijadwalkan malam hari, tayangan anak-anak akan dijadwalkan pagi hari, begitu juga dengan iklan, sesuaikan dengan produk apa yang anda tawarkan dan lihat kebiasaan orang-orang yang menjadi target iklan.
Begitulah kita-kira pergerakan normal iklan facebook dengan budget standar. Proses berjalan iklan akan sedikit berbeda ketika anda menggunakan budget harian yang besar.

  • Pemilihan gambar

Beriklan tidak boleh menggunakan banyak teks, dengan menggunakan terlalu banyak teks akan membuat jangkauan anda lebih rendah, biaya sedikit lebih mahal dan iklan tidak disetujui.

Jika iklan anda memiliki banyak teks, buatlah iklan tersebut berwarna. Jika memaksa gunakan banyak teks yang harus dilakukan adalah jangan gunakan background putih atau ubahlah keseluruhan warna.

Gunakan gambar dengan ukuran yang cukup besar, dengan menggunkan gambar yang kecil, iklan anda menjadi tidak menarik dan mungkin tidak disetujui.

  • Teks iklan


Teks iklan adalah bagian yang wajib diisi, setiap tipe iklan yang dipilih biasanya mempunyai syarat tersendiri untuk batasan teks yang diperbolehkan. Misalnya, iklan untuk klik tautan tanpa melakukan kiriman ke fanpage hanya dibatasi 90 karakter saja, dan beberapa tipe lain yang sudah ada keterangan saat anda membuat iklan.

Untuk menghindari spam dan permasalahan lain, facebook melakukan pemblokiran ke banyak kata, artinya, anda tidak bisa menggunakan sembarang teks saat beriklan, anda tidak bisa gunakan bahasa kotor, bahasa makian, bahkan anda tidak bisa menulis kata ‘Facebook’ di iklan.

Terakhir, saya mencoba gunakan kata ‘Pecah telor’ juga tidak bisa, selain itu masih banyak kata-kata kotor yang anda sudah tau sendiri dan jangan pernah gunakan kata itu untuk beriklan. Sama seperti penargetan, penggunaan teks iklan juga jangan hanya dengan 1 teknik, seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, di beberapa tipe iklan ada pembatasan teks yang diberikan oleh facebook dan itu pasti punya alasan kenapa cuma 90 karakter saja yang dibolehkan.

Teks yang singkat tapi jelas membuat banyak orang lebih tertarik untuk membaca lanjutan ceritanya, berikan kejelasan tambahan pada gambar dan teks pada tautan iklan anda. Meskipun begitu, bukan berarti anda tidak boleh sama sekali menggunakan teks panjang untuk beriklan.

Ada beberapa alasan kenapa anda juga harus menggunakan teks panjang saat beriklan :

1. Mengenalkan produk baru.
2. Memperjelas konten yang anda bagikan, tanpa memberikan keseluruhan isinya.
3. Informasi tambahan pada website atau fanpage anda.
4. Memberikan banyak penawaran pada 1 kiriman.

Saya biasanya menggunakan iklan dengan kiriman langsung ke kronologi fanpage untuk memperkenalkan produk baru dan tawaran lain, sedangkan untuk iklan harian yang berkelanjutan, saya menggunakan iklan untuk fokus pembelian, bukan hanya klik tautan.

Berikutnya akan saya berikan contoh bagaimana proses memulai untuk beriklan dari awal, silahkan anda sesuaikan dengan kebutuhan karena cara pembuatannya sama, dan yang berbeda hanya pada target, gambar, teks dan budget.
Antonio Ferguso

Saya hanyalah seorang blogger pemula yang suka mengintai para senior blogger lewat postingan mereka, untuk mempelajari hal baru tentang dunia blogger yang masih belum saya mengerti. Jadi tidak ada salahnya mengintai untuk hal kebaikan dan kebenaran :D

Berkomentar adalah hak asasi bagi semua pengguna internet dan akan berdampak kembali kepada diri masing - masing, maka berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan adalah suatu hal positif dan sangat dianjurkan.