MASIGNALPHA101
6536304137350128937

Tips Untuk Blogger Pemula Dalam Memaksimalkan SEO

Tips Untuk Blogger Pemula Dalam Memaksimalkan SEO
10/27/2018

Baca Juga


SEO adalah bagian dari serangkaian proses yang dinamakan “konsep digital marketing”. Dengan begitu setidaknya anda menyadari bahwa untuk menaikan posisi website itu bukan hanya mengandalkan SEO saja. Itu yang pertama, kemudian SEO profesional sangat berbeda dengan SEO website sendiri, anda dituntut mengetahui semua persaingan dari setiap niche yang berbeda.

Belajar – Hal yang Paling Dasar


Tips dasar seo bagi pemula yang paling depan adalah belajar. Tanpa belajar berdiri, anda tidak akan bisa mulai berjalan, segala sesuatu harus dimulai dari nol. SEO adalah ilmu (sistematis, dapat dipertanggung jawabkan, Objektif atau intersubjektif), seo bisa anda pelajari terlebih dahulu, dan anda praktekan nantinya. Jika anda melakukannya dengan benar, hasilnya akan sesuai harapan.

Pelajari Ilmu Pemasaran


Pemasaran berbeda dengan penjualan, secara garis besar memberi petunjuk bagaimana caranya mensosialisasikan produk (fisik dan jasa) agar diterima masyarakat. Semakin diterima maka semakin populer. Pada website, konten adalah produknya, bahkan ketika anda berjualan produk di toko online milik anda, sebenarnya yang dipasarkan adalah konten, bukan produk.

Pelajari Digital Marketing


Digital marketing sendiri adalah suatu konsep pemasaran modern yang dasarnya dari ilmu pemasaran. Segala bentuk pemasaran yang menggunakan perangkat digital, termasuk didalamnya iklan televisi, pemasaan radio, sms masal, videotron hingga internet marketing. Posisi SEO ada di bawah naungan internet marketing, pada kondisi demikian maka, “sudah sewajarnya” jika anda ingin mengerti tentang SEO, sebaiknya pelajari induknya.

Pelajari Dasar-dasar website yang Bersifat Umum


Anda tidak harus belajar ilmu pemograman untuk menjadi seorang SEO, cukup mengetahui hal-hal mendasar saja pada permulaannya. Cukup bisa membedakan bagian-bagian website, header, footer, konten, sidebar, menu navigasi dsb. Dengan mempelajari hal-hal tersebut, selanjutnya akan membuka “pintu” lainnya secara bertahap, dari mulai struktur pada website, struktur konten, html dan css dasar akan berdatangan satu persatu dengan sendirinya.

Pelajari Google Guideness dan Produk Google


Google memiliki aturan yang tertulis pada panduan webmasternya. Mereka mendeskripsikan website-website yang mereka inginkan (seperti apa?) untuk berada diposisi atas hasil pencarian. Penerapan SEO seharusnya berpedoman pada anjuran SEO dari google, pedoman pengelolaan website. Kemudian, jika ada permasalahan, sebaiknya bergabung di forum dukungan webmaster.

Kenapa harus google? Mereka adalah market leader mesin pencari, para pesaing mengikuti aturannya (meskipun tidak semuanya). Dengan membuat situs web google friendly bisa diartikan search engine friendly. Sedangkan google friendly adalah visitor friendly, sebaiknya anda memahami itu.

Google memiliki banyak produk diantaranya; gmail, google play, google translete, google adsense, google+, google adword, google test speed, google webmaster, google analystics, google map, google my business dll. Sebagai permulaan anda sebaiknya mempelajari produk yang berkaitan dengan SEO dan pengelolaan website, analystics dan search console google webmaster.

Pelajari dan Amati Website-website Otoritas


Website otoritas adalah mereka yang memiliki posisi tertinggi pada hasil pencarian tertentu, sesuai niche situs dan usaha anda. Silahkan anda amati berapa usia mereka, berapa hasil test kecepatan (GT-Metrix misalnya), berapa ukuran halamannya, berapa Domain authority nya, page authority nya, peringkat alexa, shamerush, Trust flow dan CF nya? Jangan heran jika anda mendapatkan hasil test speed web mereka sangat buruk (F), jangan heran jika backlink mereka tidak relevan. Mengerti apa maksud saya? Selama populer di mata pengunjung suatu web akan kebal dari segala aturan dan penalty dari google. Itulah sebabnya anda harus berfokus pada konten, karena hanya konten satu-satunya hal yang menyebabkan suatu web / blog populer, bukan yang lainnya, termasuk backlink.

Website populer banyak dijadikan rujukan, backlink akan membengkak dengan sendirinya, kurang bijak jika backlink anda nilai sebagai penyebab website berada di halaman satu. backlink itu akibat, bukan sebab.

Pelajari Cara Optimasi Tahap demi Tahap

Pengoptimalan website pada mesin pencari hanya menyangkut 2 hal saja, optimasi internal dan eksternal. Optimasi internal dikenal dengan onpage SEO, tindakan yang harus anda lakukan berkaitan dengan keseluruhan isi web, konten yang anda “tawarkan”. Optimasi eksternal (offpage) merupakan hubungan situs web anda dengan pihak luar yang harus anda optimalkan. Tingkat kepentingan ke duanya sama pentingnya, namun wajib dimulai dari onpage terlebih dahulu kemudian offpage. Memang seharusnya begitu.

Berpikir Realistis – Gunakan Logika


Saya pikir anda sering dihadapkan pada teknik SEO, bermacam-macam cara penerapannya. Membuat anda bingung?, itu sudah pasti, terutama bagi anda yang baru mempelajari SEO. Teknik manakah yang benar, dan metode paling cepat mencapai sasaran. Pengorbanan dan waktu menjadi bahan pertimbangan , selalu seperti itu.

Semua orang berhak berfikir dan berpendapat, tapi hasil yang berbicara. Seorang praktisi SEO yang berhasil menaikan posisi suatu website, biasanya dengan bangga memperlihatkan keberhasilannya, kemudian dilanjutkan membuat tips dan trik, seperti itu. Tidak ada salahnya, mengingat perjuangan  mereka sangat berat dan hanya bisa di raih dengan kerja keras. Pertanyaanya, apakah tips mereka bisa diterapkan pada website anda?

Relevansi Tingkat Kesulitan Optimasi

Semua Niche bersifat sangat unik, tidak bisa disamakan dengan niche lainnya. Baik itu dilihat dari jumlah pengunjung potensial, tingkat konversi, jumlah pesaing hingga berapa waktu dan tenaga dihabiskan untuk melakukannya. Satu point penting, bahwa suatu teknik tidak bisa diterapkan pada kondisi lainnya, terlebih topiknya sangat berbeda.

Waktu Dikaitkan Dengan Jumlah dan Tingkat Pesaing

Anda harus menerima kenyataan yang ada, bahwa seiring berjalannya waktu, jumlah pesaing semakin meningkat. kesulitannya berbanding lurus. Apakah hanya anda sendiri yang melakukan pengoptimasian?

Anda bukan tokoh utama dalam kehidupan, buang jauh-jauh berfikir secara subjektif. Semua website memiliki hak yang sama untuk bersaing, melakukan pengoptimalan pada mesin pencari. Pesaing  terdahulu dan yang baru, semuanya berusaha untuk mencapai halaman satu (10 besar). Semakin banyaknya pesaing, akan semakin menghabiskan waktu dari sebuah website mencapai target peringkatnya.

Bagaimana Caranya Menjadikan Konten Sangat Populer

Apakah backlink faktor yang membawa website anda menuju puncak?, bagaimana dengan kecepatan website?, apakah keduanya? Ada banyak faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya optimasi yang dilakukan. Fokuskan perhatian terhadap konten, tingkatkan popularitasnya, itu yang utama, kemudian diikuti langkah lainnya. Popularits website yang terlampau tinggi akan terhindar dari semua penalti algoritma google, kecepatan bukan menjadi masalah, backlink terbentuk dengan sendirinya. Putar otak anda, lakukan berbagai cara populerkan konten.

Terdapat banyak cara meraih popularitas. Menggunakan iklan berbayar, membagikan tautan konten di sosial media, memasang stiker di angkutan umum, mengirimkan sms masal. Mana yang paling efektif? Lakukan semuanya, jika terbentur keterbatasan dana maka lakukan usaha yang lebih, pasti anda tau caranya.

Berapa Jumlah Konten yang Harus Saya Miliki – Quantity or Quality?

Bukan masalah banyak atau tidaknya konten yang anda miliki, namun sejauh mana setiap kontennya mendapatkan pengunjung. Lebih banyak konten yang anda tawarkan, logikanya akan mendatangkan lebih banyak pengunjung. Bagaimana dengan sedikit konten? Selama konten tersebut populer, mampu mendapatkan visitor yang melimpah, bisa saja visitor nya melebihi website dengan jumlah konten lebih banyak.

Jumlah Visitor atau Jumlah Konversi?

Apa yang anda cari? Pengunjung atau konversi pembelian produk? Tidak logis jika anda menargetkan kata kunci bersifat umum untuk onlineshop. Memang tidak boleh ya? Tentu saja boleh, tapi coba pikirkan tingkat persaingannya, mampu atau tidak.

Semuanya Berawal dari Hal-Hal Kecil


Impian anda dan saya sama, ingin melebarkan pasar seluas-luasnya. Menjangkau semua pembeli potensial di semua wilayah, kota, desa, negara tanpa batasan pasti. Bolehkah bermimpi seperti itu? Tentu saja boleh, memangnya siapa yang bisa melarang orang bermimpi? Sesudah ngiler “bermimpi” pastikan anda terbangun, untuk mewujudkan mimpi anda tersebut, maka harus direalisasikan dari hal-hal kecil. Kuasai terlebih dahulu pasar lokal, kota dimana letak bisnis anda, jika sudah menjadi otoritas, barulah anda boleh memikirkan langkah selanjutnya. Targetkan keyword di hasil pencarian lokal, integrasikan website dan usaha dengan bisnis lokal google.

Cara Curang yang Tidak Wajar Menimbulkan Masalah di Kemudian Hari

Pemasaran internet merupakan satu kesatuan bisnis, termasuk pihak google (juga mesin pencari lainnya). Mereka sedikitpun tidak ingin dirugikan, jadi sudah sewajarnya mereka mengeluarkan aturan-aturan yang menguntungkan mereka. Normalnya setiap orang menginginkan keuntungan sebesar-besarnya dengan pengorbanan sekecil-kecilnya. Pengorbanan bukan hanya finansial, bisa juga waktu dan tenaga.

Bagaimanapun mesin pencari adalah buatan manusia yang tidak sempurna, selalu ada celah untuk mengelabuinya. Diluar sana banyak yang menawarkan teknik seo instan (black hat) menawarkan hasil cepat, “mie instan”, dengan biaya yang minim. Terlepas dari keberhasilannya, cara seperti ini benar-benar bersifat merugikan, sekali anda mendapat “catatan kelakuan buruk”, tidak hanya web anda yang terkena dampaknya, semua akun yang berhubungan (termasuk email) didalamnya. Keterbatasan manusia tidak bisa memonitor semua peringkat website, pahami ini, jika sudah masuk halaman satu, situs web anda akan diuji kelayakannya secara manual. Berpotensi musibah atau anugrah? pikirkan itu.

Google Sebagai Tuan Rumah, Anda Sebagai Tamu, Aturan Mainnya Dinamis

Tidak masalah jika situs anda yang berperan sebagai mesin pencari, bebas lakukan kebijakan apapun dalam penerapan aturan mainnya. Kenyataan yang terjadi adalah sebaliknya, anda diharuskan mematuhi semua aturan dari google. Peraturan google selalu berubah, dalam hitungan bulan saja, apa yang diperbolehkan sekarang, belum tentu kedepannya masih berlaku, celah yang bisa dimanfaatkan selalu diperbaiki. Untuk menghadapi peraturan dinamis google, sebaiknya anda memperdalam, apa yang menjadi “core” dasar pemikiran dari mereka. “Konten yang baik adalah konten yang manusiawi”, itu dasar pemikiran google, “maka dari itu” buatlah website anda diperuntukan untuk manusia bukan mesin pencari.

Buka Wawasan – Live is Adventure

Wawasan diperlukan untuk menjadi SEO
Terdapat banyak artikel-artikel yang membahas tentang SEO dan internet marketing yang bisa anda baca untuk menambah wawasan. Sebaiknya anda tidak hanya membaca artikel produksi dalam negri saja, artikel berbahasa asing tetap harus di baca.

Artikel SEO dan IM (Internet Marketing) Berbahasa Indonesia

Kelebihan dari artikel-artikel yang ditulis dalam bahasa indonesia secara umum menggambarkan situasi persaingan di sekitar anda. Disini anda akan banyak mendapatkan teori-teori hingga panduan mempraktekan ilmu SEO yang sedang anda pelajari, tepat dan relevan dengan situasi keadaan pasar di indonesia.

Kekurangan dari artikel-artikel yang di indonesia kurang begitu produktif, kebanyakan sudah “obsolete”, ketinggalan jika dibandingkan perkembangan SEO itu sendiri (ada juga sebagian kecil yang update). Panduan serta teknik-teknik nya pun kebanyakan sudah tidak bekerja lagi. Kurang nya penelitian, eksperimen, pembuktian tentang SEO menimbulkan “persepsi masyarakat awam” SEO dalam negeri hanya berkutat pada backlink saja, misalnya.

Artikel SEO dan IM (Internet Marketing) Berbahasa Asing

Kelebihan dari artikel berbahasa asing adalah mereka memperhitungkan SEO menggunakan alat ukur yang mereka ciptakan sendiri. Misalnya untuk membuktikan berapa lama waktu yang dibutuhkan suatu website untuk mencapai posisi strategis, maka mereka menciptakan bot sendiri, untuk mengambil data sendiri yang pada akhirnya mereka analisis. Mereka melakukan penelitian sendiri, khususnya jika terjadi “update” algoritma google.

Kekurangan artikel berbahasa asing ada pada relevansi dengan keadaan di indonesia. Perilaku pengguna internet di indonesia benar-benar berbeda. Saya ambil contoh saja, ketika melakukan optimasi mereka (pengguna internet asing) bukan hanya memperhitungkan google, namun search engine lain seperti bing, yahoo, yandex tetap diperhatikan. Sadar bahwa pengunjung tidak hanya datang dari google saja. Keadaan di Indonesia? Hanya google yang mampu mendatangkan pengunjung potensial untuk website pada saat ini, ada juga dari mesin pencari lainnya, namun jumlahnya tidak signifikan.

Berlatih – Pengalaman Mengajarkan Anda Banyak Hal


SEO memerlukan latihan dan berlatih
Pisau apapun akan tumpul jika tidak diasah. Begitu juga dengan ilmu SEO. Apa yang anda dapatkan dari teori, yang terkadang anda menganggap mampu melakukannya, tidak berpengaruh apapun jika anda tidak mempraktekannya. Pada satu waktu pemahaman seo anda yang dirasa cukup bergesekan dengan keadaan yang sebenarnya, disanalah anda akan merasakan bahwa pengetahuan yang anda miliki belum seberapa.

Belajar Menulis, Tuangkan Segalanya Dalam Tulisan

Perbendaharaan kata didapat dari membaca, kemudian dituangkan dalam tulisan. Semakin banyak membaca dan menulis, hasil tulisan anda semakin enak untuk dibaca, mudah untuk dipahami (persepsi yang sama). Penulisan konten SEO tidak harus mengikuti aturan pelajaran Bahasa Indonesia, hal terpenting adalah bagaimana anda bisa membawa pembaca larut didalamnya. Tidak harus anda terkekang oleh aturan penulisan SEO, perkaya kata, frasa dan kalimat. Itulah penulisan SEO yang sebenarnya.

Lakukan Pengujian, Eksperimen dan Penelitian


Tidak harus melakukan penelitian besar, menghabiskan banyak waktu, biaya dan personil. Lakukan penelitian dari hal-hal kecil. “Keyword reseaarch” adalah salah satunya, dengan melakukan riset kecil terlebih dahulu maka optimasi yang anda lakukan nantinya memiliki dasar yang cukup. Terlebih dari itu, sebenarnya setiap ilmu dan teknik SEO yang anda terapkan dan praktekan secara tidak langsung, merupakan bentuk eksperimen bagi anda, yang nantinya akan menunjukan pembuktiannya.

Mengikuti Diskusi Webmaster – Wellcome to My World

Cari tempat diskusi para pemilik website, para internet marketer, para webmaster. Mereka akan membagikan pengalamannya, permasalahan dan penyelesaiannya. Berapa banyak pengalaman mereka yang anda serap?, sebagai masukan pembentukan karakter SEO anda. Ikutilah forum diskusi berbahasa indonesia dan asing, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi.

Berpendirian Teguh, Pantang Menyerah dan Sabar

Profesi marketing itu merupakan profesi yang menuntut kesabaran tingkat “Dewa”. Segala sesuatunya sudah dikodratkan untuk diraih hanya dengan kesabaran ditambah mental sekuat baja, tidak percaya? tanya mereka (para salesman), juga para CSR yang sering “diomeli” tanpa berbuat salah.

Masukan halus, hujatan, makian kasar, hingga ancaman akan menjadi makanan sehari-hari. Kejahatan, keisengan pengguna internet adalah ancaman yang membuat anda terbiasa. Pada situasi dan kondisi demikian anda dituntut memperbaiki semua kerusakan baik fisik dan moril. Terutama Moril yang ada pada diri anda sendiri. Sedangkan Fisik berkaitan dengan alat pemasaran, misalnya website / blog, nilai plus jika anda bisa mengatasinya, jika tidak minta bantuan saja ke ahlinya karena hal teknis bukan area tugas anda.

Kebaikan Harus Ada Pada Diri Anda

Moralitas anda sebagai SEO dan internet marketer harus dijaga. Sesungguhnya meskipun kegiatan anda berada bukan di dunia nyata, namun yang anda hadapi adalah manusia (berbeda dengan programer dan praktisi IT).

Berbagi Ilmu dan Pengetahuan – Share It


Ilmu itu tidak akan habis jika disebarkan, sebaliknya malah bertambah. Dengan menyebarkan ilmu dan pengetahuan yang anda miliki akan menciptakan hubungan timbal balik. Disatu sisi mereka (yang diberi ilmu) akan memperkuat keyakinan anda, disisi lainnya mereka akan memberikan masukan-masukan berharga yang tidak anda dapatkan dari membaca. Masukan tersebut akan memperkuat pemahaman anda, menuntut anda untuk lebih memperdalam lagi mengenai suatu hal.

Hindari Sifat Sombong – Be a Good Man

Apa yang kita sombongkan dengan sekedar memiliki satu pengetahuan saja? Semua orang punya keahlian, kemampuan dan pekerjaan berbeda. Mereka ahli di bidang tertentu, sebagian di bidang lainnya. Hanya dengan memiliki pengetahuan di bidang SEO bukan berarti “lebih” dibandingkan yang lainnya.

Beribadah yang Rajin – Berserah diri Kepada-Nya

Ketika saya berbicara, memasukan poin beribadah ke dalam tips seo dasar bagi pemula, umumnya pada tertawa. Padahal ini benar-benar yang terpenting dari semua point-point yang saya sebutkan diatas. Tidak percaya? rasakan saja sendiri……

Tips Untuk Blogger Pemula Dalam Memaksimalkan SEO


Langkah 1: Pengaturan

Selama tahap setup awal, Anda harus mempersiapkan diri untuk sukses. Seperti sebuah rumah, butuh pondasi yang kuat sebelum dibangun, begitu pula strategi SEO. Pondasi dalam hal ini terdiri dari alat-alat seperti Google Analytics, Google AdWords dan Google Webmaster Tools.
  1. Google Analytics akan memainkan peran utama dalam melacak dan menganalisis bagaimana pengunjung yang berinteraksi dengan situs Anda. Karena gratis dan intuitif, menjadi menjadi menu wajib kampanye SEO. Selain membuat akun dan menambahkannya ke situs Anda, Anda harus membaca tentang fitur yang ditawarkan.
  2. Google AdWords sangat berguna karena berkaitan dengan SEO untuk kemampuan penelitian keyword. Alat canggih ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang pengguna cari sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.
  3. Google Webmaster Tools memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari usaha SEO dengan mengajak Anda melihat situs Anda melalui mata Google. Toolset ini memberi Anda wawasan yang tajam tentang apa yang dilakukan halaman, di mana link yang mengarah ke sana, keyword yang bekerja dan aspek-aspek yang perlu diperbaiki. Sangat berguna untuk membaca Panduan Webmaster Google.

Langkah 2: Audit Situs

Jika Anda sudah memiliki situs, lakukan audit situs saat memulai SEO Anda. Setiap saat Google menjadi lebih ketat dengan aturan dan penaltinya. Cara terbaik untuk memastikan situs Anda terhindar dari penalti adalah melakukan audit situs secara rinci. Dan untuk tahu bagaimana Audit SEO di Situs/Web Anda maka bisa baca sebelum nya artikel kami bagaimana caranya melakukan Audit SEO.

Alat untuk mengaudit situs adalah Moz Site Audit Checklist. Sebagai sumber yang dapat dipercaya, daftar rincinya sangat bagus untuk memeriksa segala sesuatu dari konten dan aksesibilitas arsitektur situs dan link internal. Pilihan lain adalah WooRank. Alat audit situs ini secara otomatis memeriksa dan menganalisa banyak item pada checklist Moz. Sementara audit situs mungkin memerlukan waktu dan energi, itu benar-benar diperlukan untuk SEO. Penalti yang ada sebelumnya menjadi lebih berat dan akhirnya hasil kerja keras Anda menjadi sia-sia.

Langkah 3: Dengan atau Tanpa WWW

Bagian yang sangat penting dari SEO tergantung pada WWW yang ada di depan alamat situs Anda. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda bisa membuat kesalahan fatal karena ini. Orang sering ragu apakah harus mengetikkan www.domain.com atau domain.com untuk masuk ke sebuah situs. Pada intinya, ini adalah tentang bagaimana search engine melihat situs web Anda dan bagaimana link yang mengarah ke situs Anda diperlakukan. Penting untuk memilih hanya satu dari dua pilihan itu. Jika Anda memilih keduanya, search engine akan melihat situs Anda sebagai dua lokasi terpisah, ini dapat merusak peringkat dan kualitas link Anda.

Langkah 4: Penelitian Keyword

Beberapa ahli mengatakan penelitian keyword adalah bagian paling penting dari SEO. Sulit untuk diperdebatkan, karena ada banyak statistik yang mendukungnya. Jika Anda serius dengan SEO, Anda perlu melakukan penelitian keyword. Agar situs Anda terpilih dari milyaran permintaan pencarian Google per bulan, Anda harus tepat mengoptimasikannya. Dengan penelitian keyword, akan mudah memperoleh pemahaman tentang apa yang audiens cari. Berikut adalah contoh dari alat yang berguna yang dapat Anda gunakan:
  • Google AdWords Keyword Planner
  • Google Suggest
  • Ubersuggest
  • Google Trends
  • Google Webmaster Tools

Langkah 5: Navigasi

Ada dua pentingnya navigasi bagi SEO. Pertama, bagi pengunjung untuk dapat menavigasi dengan lancar dan cepat menjelajahi situs Anda. Kedua, search engine harus menemukan hubungan yang jelas antara link dengan halaman.

Untuk mencapai keduanya, perlu dibangun navigasi universal. Identifikasi mengapa pengunjung datang ke situs Anda, apa yang keluar halaman utama Anda dan apa istilah pencarian yang digunakan di situs. Anda juga harus membagi produk dan halaman kunci ke dalam kategori dengan nama yang sesuai. Terakhir, tempatkan kategori tadi di navigasi universal dan jaga agar tetap  sederhana. Jika Anda menggunakan drop down menu, harus dalam HTML agar search engine membacanya. Jika halaman produk Anda memiliki lebih dari 20 item, pertimbangkan untuk menambahkan filter bagi pengunjung untuk mempersempit pencarian mereka.

Langkah 6: Konten On-Page

Anda perlu konten berkualitas bagi pengunjung. Algoritma terbaru Google menekankan pada tulisan berkualitas dan berguna, bukan penggunaan keyword yang berat. Hindari keyword isian, hitung jumlah keyword. Cara terbaik adalah menargetkan satu frase keyword per halaman. Adapun struktur, setiap halaman harus memiliki pengaturan dan judul yang berbeda.

Langkah 7: Meta Tags

Untuk memahami nilai meta tag, Anda harus berpikir melalui mata pengguna search engine. Bila Anda mencari sesuatu, bagaimana Anda menentukan hasil untuk mengklik? Kemungkinan besar Anda menganalisis beberapa hasil pertama dan membaca beberapa kata dari judul dan deskripsi yang menyertainya. Sebagai sebuah situs, Anda hanya memiliki karakter string terbatas untuk membujuk pengguna agar mengklik hasilnya dari jutaan lain yang tersedia. Kalimat deskriptif ini dikenal sebagai meta tag.

Situs Anda akan meningkat tajam dengan meta tag. Setiap deskripsi meta harus sekitar 160 karakter dan harus mencakup frase keyword alami. Juga penting untuk menyertakan semacam panggilan untuk bertindak. Hal ini sulit untuk dicapai dengan beberapa kata serta memerlukan perencanaan dan pemikiran yang matang. Jika Anda sudah melakukan penelitian keyword dan konten situs secara efektif, semuanya akan sesuai tempatnya.

Langkah 8: Robot.txt

Robots.txt adalah file teks yang Anda masukkan di situs Anda untuk memberitahu search engine halaman mana mereka diizinkan untuk mengunjungi. Kode ini tidak wajib, tapi membantu dalam jika ada halaman yang Anda tidak inginkan untuk dimasuki robot pencari. Ibarat tanda “Jangan diganggu”. Pencuri tetap masuk jika mereka mau, tetapi kebanyakan orang tidak. Pastikan file robots.txt Anda ada di direktori utama situs Anda dan terstruktur secara tepat.

Langkah 9: Sitemap

Meski situs Anda bagus, terstruktur dengan baik, percuma jika orang tidak dapat melihatnya. Untuk mendapat jumlah maksimum traffic dan visibilitas, situs Anda harus diindeks oleh search engine dan direktori, seperti DMOZ. Jika tidak, Google, Yahoo dan Bing tidak mungkin menemukan halaman yang paling relevan di situs Anda untuk ditampilkan.

Banyak teknik dan alat yang menjanjikan situs Anda diindeks oleh search engine. Namun, memakan waktu. Cara yang paling dapat diandalkan untuk mengarahkan search engine dan pengunjung melalui konten situs Anda adalah dengan membuat sitemap. Dengan sitemap HTML, pengunjung dengan cepat dapat menavigasi situs Anda. Juga sitemap XML yang dibaca oleh search engine untuk memastikan halaman yang paling relevan dari situs Anda ditampilkan.

Langkah 10: Off-Page

Selain pekerjaan yang Anda masukkan ke dalam situs Anda, Anda perlu bekerja di luar halaman Anda. Bangun link melalui pemasaran konten, menulis blog, guest blogging, infographics, direktori situs dan alat-alat lain untuk meninggalkan jejak secara online mengarah kembali ke situs Anda. Upaya Off-page juga mencakup pemasaran sosial media. Jika digunakan dengan benar, situs seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan Instagram bisa menjadi alat bantu dalam mendapatkan traffic. Apa pun yang Anda lakukan, hindari teknik black hat SEO untuk upaya off-page.

Langkah 11: Quality Design (responsive or mobile friendly)

Sekarang, contohnya situs ini, banyak visitor yang berasal dari perangkat Mobile. Itu artinya, di tahun 2018 ini mode mobile friendly menjadi trend blogging saat ini. Maka, usahakan mode tampilan blog Anda Mobile friendly atau responsive desain. Selain daripada itu, ternyata Search Engine juga memberikan  perhatan lebih pada situs yang kompatibilitas terhadap perangkat smartphone/ponsel. Web developer harus memperhitungkan bahwa aplikasi web mereka adalah tetap ramah pengguna.

Langkah 12: Gunakan ALT tag

Jika situs web memiliki galeri atau banyak foto dan video untuk memuat, Anda harus menggunakan ALT tag untuk menampilkan informasi alternatif atau teks tentang berbabagi konten yang Anda miliki. ALT tag akan membantu mesin pencari untuk mencari halaman Anda secara maksimal.

Langkah 13: Meta data

Meta deskripsi pada halaman website memberikan lebih banyak pilihan informasi terhadap mesin pencari untuk memberikan gambaran secara keseluruhan halaman blog Anda. Anda dapat menerapkan tiga meta data seperti meta data judul, deskripsi dan kata kunci dalam tag.

Langkah 14: Optimasi ukuran gambar laman

Dianjurkan untuk menggunakan gambar dengan ukuran kecil, sesuai dengan kebutuhan. Selain mempercepat tampilan laman, ternyata cara ini sebagai implementasi point ke-6 khususnya pengoptimalan laman mobile friendly.

Langkah 15: User Experience

Pengalaman pengguna atau sering disebut User Experince (UX), merupakan istilah penting dalam setiap teknis pembuatan blog/website. Hal ini mencakup seberapa lama pengunjung blog betah di laman artikel Anda. Jadi, blog dengan prinsip user experience akan disukai visitor.

Langkah 16: Google Auto Complete and Google Related Search

Metode sederhana dalam melakukan riset keyword dengan berpedoman pada kedua hal, yakni Google Auto Complete dan Related Search ini berdampak bagus pada konten Anda. Bisa tidaknya Anda dalam memaksimalkan hasil keyword research dengan mempertimbangkan hasil penelusuran manusia atas apa yang mereka inginkan dengan taitan terkait atas hal itu, menjadi kunci top rangking halaman pertama alias pejwan.

Oleh karena itu, untuks aat ini, lagi-lagi Google sudah menerapkan model berfikir manusia alias pengguna untuk menentukan top rangking Google. Maka wajar, jika dikatakan, peran robot dianggap tiada, walapun sejatinya masih saja Googlebot yang melakukannya.

Langkah 17: User Signal dan Turuti Kata Visitor

Poin ini juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Model boounce rate menjadi salah satu pertimbangan Google menentukan kualitas sebuah konten. Besar kecilnya bounce rate ini juga didasarkan pada lama waktu pengguna menikmati sajian konten Anda.

Artinya, semakin bagus kualitas konten Anda, maka semakin lama orang akan menikmati konten tersebut. Sehinga, bounce rate situs Anda akan semakin kecil, dan itu artinya semakin bagus.

Lalu bagaimana cara memperkecil bounce rate?

Ya setidaknya lakukan beberapa hal di bawah ini, jika dirasa upaya Anda sudah maksimal dalam menyajikan konten:
  • Gunakan video atau atribut penjelas lainnya, yang dengan hal itu bisa memperlama pengunjung membuka laman web Anda
  • Minimalisir bahasan yang tidak Anda kuasai
  • Sesuai poin kedua, usahakan membuat konten yang panjang, sehingga visitor akan berlama-lama sampai tuntas menikmati sajian konten Anda.
 

Langkah 18: Jadilah yang Pertama

Seperti yang saya katakan dalam beberapa artikel cara top rangking Google itu mudah banget. Memang benar demikian? Iya.

Perlu Anda ingat. Walau top rangking 1 Google itu mudah, namun alangkah ruginya jika Anda top rangking namun visitor sedikit. Faham maksud saya?

Nah, ada kalanya juga menjadi penulis pertama dari sebuah informasi "terhot" itu juga menjadi potensi bagus memikat hati Google. Nah, agar konten tersebut tidak bersifat musiman, maka korelasikan dengan konteks saat ini dan menjadi orang pertama yang menulis hal itu.

Bonus! Bangun Kepercayaan
Anda harus memahami pentingnya membangun kepercayaan online dengan menggunakan Verifikasi Penulis Google+ dan WOT. Alat-alat ini membantu Anda untuk membangun reputasi yang sehat dan hubungan kepercayaan dengan search engine dan pengunjung. Mendaftarkan nama domain Anda selama minimal 5 tahun juga menanamkan kepercayaan dan menunjukkan bahwa Anda berencana untuk berada di sekitar untuk jangka panjang.
avatar

Tips yang sangatlah panjang dan sangatlah bermanfaat

11 October, 2018 04:25
avatar

Thanks for your comments

13 October, 2018 02:49
Berkomentar adalah hak asasi bagi semua pengguna internet dan akan berdampak kembali kepada diri masing - masing, maka berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan adalah suatu hal positif dan sangat dianjurkan.