MASIGNALPHA101
6536304137350128937

Persiapan Sebelum Memulai Belajar HTML

Persiapan Sebelum Memulai Belajar HTML
11/11/2018

Baca Juga


Sebelum kita mempelajari HTML dan CSS, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Seperti penginstallan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dan aplikasi-aplikasi pendukung dalam mempelajari HTML dan CSS.

1. Web Browser


Web browser adalah perangkat utama yang akan kita gunakan untuk menampilkan halaman web yang pada dasarnya terbuat dari HTML dan CSS. Saya yakin di setiap komputer telah terinstall Web Browser bawaan seperti Internet Explorer (Windows), Safari (Mac) dan Firefox (Linux Ubuntu).

Setiap browser memiliki perbedaan dalam hal menampilkan halaman web dan fitur-fitur yang didukung dalam HTML dan CSS. Boleh jadi halaman web yang anda buat ditampilkan benar pada salah satu browser namun acak-acakan pada browser lainnya. Untuk itu perlu beberapa browser yang terinstall dalam komputer anda untuk menguji penampilan website yang dibuat.

Isu-isu kompatibilitas ini akan anda temui ketika mempelajari CSS nantinya yang berhubungan dalam penampilan halaman web.

Berikut ini adalah beberapa browser yang dapat anda download dari Internet serta review singkat.

Firefox


Web browser ini bisa dikatakan web browser yang paling disenangi oleh para developer web karena kekayaannya dalam hal Add-on.

Anda dapat mendownloadnya di http://firefox.com


Google Chrome


Google Chrome adalah web browser besutan Google yang memiliki beberapa keunggulan. Chrome bisa dikatakan browser yang sangat ringan, cepat2 dan kaya akan aplikasi/Add-on. Selain itu Chrome menggunakan engine3 Webkit, engine browser yang rata-rata mendukung fitur-fitur terbaru dari teknologi HTML dan CSS.

Anda dapat mendownloadnya di http://google.com/chrome


Safari


Safari adalah web browser dari Apple. Sama halnya dengan Chrome, safari menggunakan engine webkit sehingga mendukung fitur-fitur terbaru HTML dan CSS.

Browser ini tersedia untuk Mac dan Windows saja. http://www.apple.com/safari


Internet Explorer


Browser yang pasti sudah terinstall pada komputer dengan sistem operasi windows. Jika anda masih menggukan Internet Explorer versi 6, 7 dan 8, saya anjurkan untuk mendownload versi terbaru yakni Internet Explorer 9/10 (untuk Windows Vista/7).

Penggunaan Internet Explorer dalam pengujian halaman web sangat tidak dianjurkan (terutama versi 7 ke bawah) karena dukungannya yang kurang serta proses penampilan halaman web yang terkadang menjadi berantakan. Namun karena pengguna Internet explorer di dunia masih mendominasi, mau tidak mau kita harus menggunakan Internet Explorer.


2. Text Editor


Untuk membuat halaman Web anda memerlukan sebuah text editor. Jika anda mempunyai Adobe Dreamweaver, saya sarankan untuk tidak menggunakannya, Mengingat anda masih dalam tahap belajar.

Text editor yang akan kita gunakan adalah text editor ringan namun penuh dengan fitur yang sangat membantu dalam proses Coding (Penulisan Kode) HTML dan CSS.


Notepad++


Tersedia untuk Windows, Notepad++ memiliki beragam fitur yang sangat mendukung para programmer. Kemampuannya untuk memperkaya diri dengan pluginpun menjadi kelebihan lainnya dengan text editor sejenisnya.

Anda dapat mendownload Notepad++ di http://notepad-plus-plus.org


Sublime Text


Text editor yang terbilang masih baru yang sangat mudah digunakan, penampilan simple namun enak dipandang. Sublime text adalah aplikasi berbayar tapi anda dapat mendownload versi demo-nya (meskipun versi demo tapi tidak ada batasan dalam penggunaannya).

Sublime text tersedia untuk sistem Operasi Windows, Linux dan Mac, download di alamat berikut http://www.sublimetext.com/2


Gedit


Anda pengguna Linux? Khususnya Linux dengan desktop Gnome sudah memiliki text editor bawaan, GEdit. GEdit bisa digunakan untuk menuliskan berbagai macam bahasa pemrograman.

Anda pengguna Windows-pun dapat mendownload GEdit versi windows di situs resminya http://projects.gnome.org.


3. Add-On


Firebug


Firebug akan kita gunakan untuk memeriksa kode HTML dari setiap halaman web, melihat CSS yang digunakan dan untuk menguji script javascript. Anda dapat menginstallnya pada browser Firefox. Untuk menginstallnya cukup masuk ke halaman Add-on dan cari add-on firebug.


Jika anda menggunakan Google Chrome atau Safari, tidak usah menginstall firebug karena kedua browser dengan engine webkit ini sudah memiliki tool serupa yang dinamai dengan Developer Tool.


Web Developer Tools


Add-on ini digunakan untuk menguji halaman web dan melakukan beberapa perubahan/perbaikan sementara terhadap halaman web. Anda dapat menginstallnya dari add-on firefox atau dari Chrome Web Store.


Itulah aplikasi-aplikasi yang diperlukan untuk mempelajari HTML dan CSS, tapi yang terpenting adalah kehadiran Web Browser dan Text editor, sisanya adalah optional yang keberadannya hanya mendukung aktifitas kita dalam pembangunan halaman web. Seperti Firebug dan Developer tools memang penting namun anda tidak harus menginstall keduanya. Keberadaan kedua tools tersebut sangat membantu untuk menguji dan memperbaiki kesalahan yang ditimbulkan baik kesalahan dalam pengetikan kode atau lainnya. 

Tag Penelusuran

#belajar html otodidak

#belajar html lengkap

#belajar html online

#belajar html dan css

#belajar html dengan notepad

#belajar html pdf

#cara belajar html dengan cepat
Antonio Ferguso

Saya hanyalah seorang blogger pemula yang suka mengintai para senior blogger lewat postingan mereka, untuk mempelajari hal baru tentang dunia blogger yang masih belum saya mengerti. Jadi tidak ada salahnya mengintai untuk hal kebaikan dan kebenaran :D

avatar

Gw belajar ngedit template aja kadang pusing gan, apalagi mau perdalam html

15 November, 2018 17:24
avatar

Yang penting tetap berusaha dan semangat gan... pelajari sedikit demi sedikit... :)

15 November, 2018 17:38
Berkomentar adalah hak asasi bagi semua pengguna internet dan akan berdampak kembali kepada diri masing - masing, maka berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan adalah suatu hal positif dan sangat dianjurkan.